Aliyun's Blog

Just another WordPress.com weblog

Marhaban Ya Ramadhan Agustus 7, 2010

Filed under: Uncategorized — aliyun @ 4:24 pm

Tiga hari lagi tepatnya hari Rabu tanggal 11 Augustus 2010 ( I Ramadhan 1431 H ) seluruh Umat islam menunaikan ibadah puasa. Semua Umat islam menyerukan “Marhaban Ya Ramadhan (Selamat datang Ramadhan) “ . Di masjid-masjid, musholla, koran-koran, stasiun televisi dan radio dan berbagai mailing list, ungkapan selamat datang Ramadhan tampil dengan berbagai ekpresi yang variatif. Tujuannya untuk menyambut Bulan suci Ramadhan yang penuh dengan berkah melimpah. Itulah mengapa Bulan Ramadhan selalu di sambut dengan dada lapang, penuh dengan suka cita kegembiraan oleh seluruh Masyarakat Muslim.

Rosulullah bersabda “ Barang siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, di haramkan oleh Allah SWT jasadnya menyentuh api neraka. “

Bulan Ramadhan merupakan bulan 1000 bulan yang penuh ampunan, rahmat dan berkah.banyak hikmah yang bisa di ambil dari Bulan ramadhan, diantaranya :

1. Pada bulan ini pintu Surga dibuka dan pintu neraka ditutup.

2. Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu

3. Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di  bulan lain, yakni malam LAILATUL QADAR. Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma’shiyat agar menahan diri.

5. Beramal di bulan Ramadhan dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat sampai dengan Ramadhan berikutnya.

6. Menjadikan bulan Ramadhan memintakan syafaa’t.

7. Khusus bagi yang puasa disediakan pintu khusus yang bernama Rayyaan untuk memasuki Jannah.


Menurut Imam Syafi’I Hikmah yang bisa di capai di bulan Ramadhan Yaitu :
1. 10 hari pertama : Kita langsung mendapatkan Rahmat dari Allah SWT
2. 10 di hari tengah ( jika konsisten berpuasa ) : akan mendapat maghfiro – ampunan dosa sehingga bersih kembali seperti bayi
3. 10 hari terakhir : di tingkatkan lagi dengan iktikaf di masjid, akan mendapatkan itkum Minannar (pembebasan dari api neraka ). Inilah kesuksesan puncak. Ramadhan merupakan peluang besar kita mendapatkan dispensasi dari Allah SWT.


Dengan banyaknya hikmah Ramadhan yang di janjikan oleh Allah SWT, maka semua umat islam berlomba-lomba untuk beribadah kepada Allah SWT. Amalan- amalan yang bisa di lakukan di bulan Ramadhan diantaranya :

1. Berpuasa.

2. Solat tarawih, pada zaman Rosullullah di lakukan pada waktu Qiyamullail. Namun di zaman Sayyidina Umar ra, solat malam di jadikan momen berkumpul sehingga tarawih dilakukan usai solat Isya’

3. Tadarus AlQuran, kita bisa melaksanakankan bersama-sama dengan komunitas kita masing-masing. Bisa di rumah apabila mempunya saudara banyak, bisa di kantor, bisa di masjid atau musholla bersama –sama dengan majelis taklim atau pengajian. Dengan tadarus maka kita bisa saling membaca dan menyimak AlQuran. Mulai dari sekarang biasakan diri tilawah Quran. Target minimal 1 bulan khatam satu kali.

4. Perbanyak istighfar setelah makan sahur hingga datang waktu subuh. Tujuannya agar segala beban dosa kita di ringankan.

5. Lakukan wirid di pagi dan petang hari

6. Perbanyak solat sunnah, infaQ, sedekah dan bayar zakat fitrah.


Mengingatkan saya pribadi serta rekan-rekan yang membaca artikel ini marilah kita beribadah semata-mata untuk mendapat keridhaan dari Allah SWT, bukan hanya karena hikmah yang akan kita dapatkan.

Rasa syukur yang tak terhingga kita panjatkan kepada Allah SWT Sang Pencipta alam semesta dan seisinya, dan Semoga kita dan keluarga kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT bertemu Bulan suci Ramadhan untuk menunaikan Ibadah Puasa dengan istiqomah dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Salam dan Sholawat kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, karena Beliaulah yang telah membawa kita umatNYA dari alam Jahiliyyah ke alam Islamiyyah, dari kaum yang biadab menjadi kaum yang beradab, Mereformasi kaum yang ingkar menjadi kaum yang bertauhid. Begitu besar pengorbanan beliau untuk umatnya sampai akhir hayat. Semoga Allah SWT selalu memelihara Nur beliau beserta keluarga dan para Sahabatnya. Amin.

Dari berbagai sumber.

 

Tinggalkan komentar